//
you're reading...
Uncategorized

Sampah, masalah kesadaran/kedisiplinan masyarakat?

Sampah, begitu mendengar kata tersebut saya langsung terbayang gunungan sampah besar di TPA (tempat pembuangan akhir)bantar gebang Bekasi. Saya melihat dari tayang tv tempat tersebut sudah menjadi suatu tempat berupa gunung buatan yang dihasilkan oleh sampah.
Selain itu sampah juga terlihat di pinggir jalan, yang tampaknya sengaja dibuang, tapi bukan di TPS (tempat pembuangan sementara) melainkan tergeletak begitu saja dan bukan saja di suatu tempat tapi hampir disetiap tanah kosong ada onggakan sampah.
Yang mengenaskan lagi sering saya temui orang yang bermobil mulai dari angkutan umum sampai mobil mewah, membuang sampah ke jalan dari jendela mobilnya. Sungguh sebuah ironi ternyata orang yang dianggap kaya (materi), dan alergi kotor ternyata mengkotori lingkungannya sendiri tanpa mereka sadari. Mudah-mudahan bukan gambaran dari sikap tidak peduli lingkungan (subhanallah).

Hal ini menurut saya mencermin kepedulian “oknum masyarakat” yang membuang sampah tidak pada tempatnya sangat rendah terhadap lingkungan. Mereka hanya berpikir sampah tersebut tidak lagi di lingkungan mereka, dan mereka tidak lagi terkena bau nya, tapi mereka tidak pernah berpikir apa yg terjadi ketika mereka hanya menaroknya begitu saja. Bisa dibayangkan jika sampah itu adalah sampah plastik sampai berapa tahun baru bisa terurai atau bahkan tidak bisa terurai sama sekali, bandingan jika dibuang pada TPS/TPA sampah tersebut akan mendapatkan perlakuan sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Kelihatannya hal sepele, tapi kesadaran atau kedisiplinan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya inilah yang menurut hemat saya harus dibangun sejak usia dini sampai usia kini, pada semua generasi, pada semua kalangan profesi dan sebagainya.

About eva umar

PB SKB Jakarta Selatan P3PNFI DKI Jakarta

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

November 2012
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Kategori

Eva Umar

%d blogger menyukai ini: