//
you're reading...
Konsep, Uncategorized

Pendidikan Kesetaraan

KETERAMPILAN FUNGSIONAL SOLUSI PENDIDIKAN KESETARAAN

PAKET C

Paket C bertujuan meningkatnya dan memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat sasaran melalui pengembangan berbagai aspek komponen sistem penyelenggaraan dan pembelajaran dalam rangka mencapai keunggulan komparatif maupun kompetitif.

Salah satu bagian penting dari pembelajaran Paket C adalah pembelajaran atau pembekalan keterampilan fungsional yang dapat menjadikan solusi bagi pemecahan masalah peserta didik.

Penyelenggaraan diversifikasi layanan pendidikan kesetaraan Paket C yang berbasis keunggulan lokal melalui pembelajaran keterampilan fungsional/vocasional untuk membekali warga belajar memiliki keterampilan yang secara fungsional dapat diterapkan dalam kehidupan untuk bekerja mencari nafkah maupun dalam rangka melanjutkan pendidikannya.

Dalam rangka mendukung pembelajaran tersebut dikembangkan silabus yang mencakup strategi, metode, media, alat, bahan belajar dan penilaian yang mengacu pada KTSP Paket C  yang disusun. Dukungan sarana pembelajaran dan sumber belajar yang dapat digunakan mencapai tujuan pembelajaran baik akademik maupun kecakapan hidup. Kemitraan baik dalam kerangka pembelajaran, maupun pendampingan menghubungkan lulusan dengan pasar kerja.

Program Paket C SKB Jakarta Selatan mempunyai kekhususan program yang dianggap dapat diunggulkan antara lain kekhususan yang harus dimiliki oleh setiap warga. Kekhususan ini diharapkan dapat mempersiapkan lulusan Paket C SKB Jakarta Selatan siap bekerja dan berusaha secara mandiri.

Kekhususan ini dijaring melalui mekanisme :

a.    kegiatan orientasi semua keterampilan selama 6 bulan pertama,

b.    dan kemudian mereka diberi kesempatan memilih satu kekhususan sesuai minat, bakat, potensi dan kebutuhan yang disepakati bersama pengelola, peserta didik, dan orang tua.

c.    Kekhususan ini tidak berlaku wajib bagi peserta didik dengan pola pembelajaran mandiri.

Berdasarkan pemilihan WB terhadap kkekhususan atau keterampilan fungsional yang ingin mereka perdalam dari sejumlah kegiatan yang ditawarkan adalah :

a.    Tata Boga

b.    Teknisi Ponsel

c.    Tata Busana

d.    Tata Rias Rambut

e.    Digital printing

Tindak lanjut dari pembelajaran keterampilan adalah pembentukan wadah pra koperasi peserta didik. Secara bergantian peserta didik mendapatkan tugas jaga counter usaha pra koperasi, dimana dia bisa berlajar langsung bagaimana sebuah usaha harus berjalan dengan manjemen usahanya, seperti pencatatan keuangan, pemasaran dan sebaginya.

About eva umar

PB SKB Jakarta Selatan P3PNFI DKI Jakarta

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2011
S S R K J S M
    Agu »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kategori

Eva Umar

%d blogger menyukai ini: